Halaman

Rabu, 01 Mei 2013

PENILAIAN PORTOFOLIO



                                          PENILAIAN PORTOFOLIO

PENILAIAN PORTOFOLIO
A.    Pengertian penilaian portofolio
Menurut Barton dan Collins (1997) semua objek portofolio dibedakan menjadi empat macam yaitu:
1.      Hasil karya peserta didik, yaitu hasil kerja peserta didik yang dihasilkan dikelas.
2.      Reproduksi yaitu hasil kerja peserta didik yang dikerjakan di luar kelas.
3.      Pengesahan yaitu pernyataan dan hasil pengamatan yang dilakukan oleh guru ataupihak lainnya tentang peserta didik.
4.      Produksi yaitu hasil kerja peserta didik yang dipersiapkan khusus untuk portofolio.
Secara umum portofolio adalah kumpulan dokumen berupa objek penilaian yang dipakai oleh seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan atau sejenisnya yang bertujuan untuk mendokumentasikan dan mengevaluasi perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam perusahaan.
Portofolio dapat diartikan sebagai kumpulan hasil atau hasil belajar atau karya peserta didik yang menunjukkan usaha, perkemangan, prestasi belajar  peserta didik dari waktu ke waktu dan dari satu mata pelajaran ke pelajaran yang lain.
Penilaian portofolio merupakan pendekatan baru yang akhir-akhir ini sering diperkenalkan para ahli pendidikan untuk dilaksanakan di sekolah selain pendekatan penilaian yang telah lama digunakan. Penialian portofolio merupakan suatu alternatif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik melalui evaluasi umpan balik an penilaian sendiri.
Beberapa keuntungan penilaian portofolio antara lain:
1.      Mampu mrefleksikan perubahan penting dalam proses kemampuan intelektual peserta didik dari waktu ke waktu;
2.      Menunjukkan prestasi akademik dan memotret kompetensi peserta didik;
3.      Mampu memfokuskan pada kepentingan dan proses kemampuan belajar-mengajar serta menginformasikan pengajaran praktis tentang kelebihan dan kekurangan peserta didik.
B.     Fungsi dan tujuan penilaian portofolio
Portofolio dapat pula berfungsi sebagai alat untuk:
a.       Melihat perkembangan tanggung jawab peserta didik dalam belajar.
b.      Perluasan dimensi belajar.
c.       Pembaharuan kembali proses belajar mengajar.
d.      Penekanan pada pengembangan pandangan peserta didik dalam belajar.
Penilaian portofolio sebagai:
a.       Alat formatif digunakan untuk memantau kemajuan peserta didik dari hari ke hari dan untuk mendorong peserta didik dalam merfleksi pembelajaran mereka sendiri.
b.      Hasil peilaian portofoliosebagai alat sumatif yaitu digunakan untuk mengisi angaka raport peserta didik, yang menunjukkan prestasi peserta didikdalam mata pelajaran tertentu.
c.       Untuk memberikan informasi kepada orang tua tentang perkembangan peserta didik secara lengkap dengan dukungan data dan dokumen yang akurat.
C.     Prinsip penilaian portofolio
Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dan dijadikan pedoman dalam penggunaan penilaian portofolio di seklah antara lain:
1.      Saling percaya
Penilaian portofolio yaitu penilaian yang berlangsung dua arah antara guru dan peserta didik maupun antar peserta didik dengan peserta didik lainnya yang harus dibina secara sinergis. Dalam penilaian portofolio guru dan peserta didik atau pun antar  peserta didikdengan peserta didik lainnya harus memiliki rasa percaya. Mereka harus merasa sebagai pihak yang saling memerlukan dan memiliki semangat untuk saling membantu.oleh karena itu guru dan peserta didik maupun peserta didik dengan peserta didik lainnya harus saling terbuka dan jujur satu sama lain.
2.       Kerahasiaan bersama
Kerhasian evidence peserta didik merupakan hal yang sangat  penting dalam portofolio. Hasil pekerjaan peserta didik secara individu maupun kelompok sebaiknya tidak diperlihatakan kepada peserta didik lainnya sebelum diadakan pameran.
3.      Milik bersama
Semua pihak, guru maupun peserta didik harus menganggap evidencemerupakan milik bersama yang harus dijaga secara bersama-sama pula. Leh karena itu, semua evidence atau doumen yang harus menjadi mlik bersama antara guru dan pserta didik.
4.      Kepuasan dan kesesuaian
Hasil akhir portofolio dalah ketercapaian standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator. Kepuasan semua phak terletak pada tercapai tidaknya standar kompetensi, kmpetensi dasar, maupun indikatortersebut yang dimanifestasikan melaui evidence peserata didik.
5.      Penciptaan budaya mengajar
Jika dalam mengajar guru hanya menuntut peserta didik untuk untuk menghafal fakta atau pengetahuan yang pada taraf yang rendah, maka penilaian portofolio tidak akan bermakna.
6.      Refleksi bersama
Penilaian portofolio memberikan kesempatan untuk melakukan refleksi bersama dimana peserta didik dapat merefleksikan tentang proses berpikir mereka sendiri, pemecahan masalah atau pengambilan keputusan, dan mengamati pemahaman mereka tentang kompetensi dasar dan indikator yang telah mereka peroleh.
7.      Proses dan hasil
Proses yang dinilai misalnya diperoleh daari catatan perilaku harian peserta ddiik. Penilaian hasil yaitu menilai hasil akhir suatu tugas ang diberiakan oleh guru.
D.    Keunggulan dan kelemahan
a.       Keunggulan
1.      Perubahan paradigma penilaian
Penilaian portofolio menyajikan penertian yang lebih bermakna tentang perubahan tingkhlaku peserta didik. Sebab penilaian portofolio lebih menekankan pada proses perubahan kemampuan peserta didik.
2.      Akunbalitas
Guru sebagai pendidik bertanggung jawab terhadap konstituen yaitu peserta didik, orang tua, sekolah dan mesyarakat.
3.      Peserta didik sebagai individu dan peran aktif peserta didik
Ciri khas penilaian peserta portofolio aitu memungkinkan guru untuk melihat peserta didik sebagai individu, masing-masing memiliki karakteristik, kebutuhan, dan kelebihan tersediri.
b.      Kelemaham
1.      Waktu ekstra
Penilaian portofolio memerlukan waktu yang ekstra dibanding dengan penilaian lain. Penilaian porofolio yang digumnakan guru akan sangat dihargai dan terutma dikenang baik oleh peserta didik.
2.      Pencapaian akhir
Guru cenderung hanya memperhatikan pencapaian akhir. Sehingga peserta didik haya berorientasi pada pencapaian hasil akhir semata.
DAFTAR PUSTAKA

surapranata, Sumarna dan Muhammmad Hatta.2004.Penilaian Portofolio.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar